Minggu, 02 Juni 2013

KENAPA KECOA SUSAH DI BERANTAS???? INI ALASANNYA,,,,!!

Kecoa Tak Suka Rasa Manis, Sulit Diberantas
Para ilmuwan telah menemukan jawaban mengapa kecoa begitu sulit diberantas. Ternyata beberapa spesies telah kehilangan sensor manis pada gigi mereka. Sehingga ketika racun manis diumpankan untuk menarik dan membunuh mereka, maka akan sia-sia belaka.

Ilmuwan Amerika Serikat mempersiapkan sedikit bagian selai kacang. Bagi kecoa lapar, umumnya mereka akan mengeroyok selai itu. Tetapi bagi mereka yang kehilangan gigi manis maka mereka akan menolak dan melompat menjauh setelah mencicipinya.

Tim peneliti dari North Carolina State University menunjukkan bahwa kecoa yang tidak menyukai selai, maka sel-sel pengecap rasa pahit seketika bekerja ketika mereka merasai gula. Sensor pengecapnya mengesampingkan sel manis. Ini berarti bahwa gula dianggap pahit. Detil laporan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Science.

Eksperimen yang dilakukan oleh Coby Schal juga membantu menjelaskan mengapa kecoa kecil yang dikenal dengan kecoa Jerman menjadi lebih sulit dibasmi sejak pertengahan 1980-an. Saat itu banyak orang mulai menggunakan racun hama berlapis glukosa, bukan insektisida. Sejumlah kecoak diperkirakan memiliki sel-sel yang merasakan rasa manis pahit sehingga mereka mampu menghindari racun model baru itu.

Sekitar 25 generasi atau selama 5 tahun, sifat tersebut akan menjadi biasa. "Kecoa sangat adaptif," kata Jules Silverman, penemu keengganan terhadap glukosa dalam tes umpan dari North Carolina State University. Temuan menggambarka kecakapan evolusi yang membuat kecoak begitu sulit untuk dibasmi.

Dalam studi tersebut, Silverman dan tim menjelaskan cara kerja mutasi genetik yang memungkinkan beberapa kecoak bertahan hidup dan berkembang biak. Kuncinya adalah neuron tertentu yang membuat sinyal otak tentang makanan. Pada kecoak normal, glukosa sangat menggairahkan neuron yang kemudian akan memberitahu otak bahwa itu manis. Namun pada serangga mutan, glukosa justru meredam sinyal neuron yang mengatakan manis tadi. Sehingga otak mendapat pesan bahwa manis adalah rasa yang mengerikan.

Para ilmuwan saat ini sedang mencari apakah kecoak jenis lain juga menunjukkan keengganan pada glukosa.

ANDA DI BUAT JENGKEL DENGAN KEHADIRAN KECOA DI TEMPAT USAHA ANDA???,,SEGERA HUBUNGI KAMI,,,!!!...:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar